DP3APM Gelar Pengukuhan Forum Anak Kota Tanjungpinang Periode 2018-2020

TANJUNGPINANG  РDinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang melaksanakan pertemuan dan pengukuhan Forum Anak Kota Tanjungpinang yang diberi nama Generasi Gurindam 12 oleh Penjabat (Pj) Walikota Tanjungpinang Raja Ariza, di Aula Hotel Sunrise City, Jumat (23 April 2018) lalu. Usai mengukuhkan Generasi Gurindam 12, Raja Ariza langsung menyampaikan sambutannya bahwa Forum Anak Kota Tanjungpinang ini memang harus dibentuk untuk menyuarakan hak anak-anak disegala bidang.

“Nantinya forum anak ini akan diberikan pelatihan atau pendidikan tentang organisasi dan kepemimpinan serta dibekali ilmu untuk menyusun program kerjanya di Forum Anak Kota Tanjungpinang yang bernama Generasi Gurindam 12 ini,” ujar Ariza.

Dalam Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak menyebutkan bahwa setiap anak memiliki hak atas kelangsungan hidup, mengenyam pendidikan dan tumbuh kembang serta berhak atas perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

Raja Ariza kembali menjelaskan tentang hak anak yang paling utama harus diberikan oleh negara atau pemerintah adalah identitas diri yang berupa Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), yang harus diperjuangkan sebagai identitas diri anak tersebut.

“Anak juga punya hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, serta hak untuk mengembangkan diri. Maka dari itu pemerintah wajib menyiapkan sarana dan prasarana untuk bisa mengembangkan kreatifitas anak” ujar Ariza.

Raja Ariza juga menginginkan Generasi Gurindam 12 ini dapat memperhatikan dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dan segera lakukan pembenahan atau tindak lanjut. “Silahkan nanti dibuat surat resmi kepada Walikota, terkait apa saja yang perlu pemerintah bantu dan lakukan untuk kemajuan Forum Anak Kota Tanjungpinang ini,” pungkasnya.

Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, menyampaikan laporannya bahwa forum anak ini merupakan suatu organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah kreatifitas anak yang belum berusia 18 tahun, yang  anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak yang dikelola oleh anak-anak itu sendiri dan dibina serta pengawasan oleh pemerintah.

“Pengurus Generasi Gurindam 12 ini merupakan anak-anak pilihan, anak-anak yang kreatif dan yang memiliki wawasan luas yang disatukan dalam kelompok atau wadah sehingga perlu dipersiapkan untuk kemajuan bangsa dan negara dimasa depan khususnya Kota Tanjungpinang,” ujar Ahmad Yani.

Peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari pengurus Forum Anak Kota Tanjungpinang yang merupakan utusan dari siswa-siswi SMP dan SMA di Kota Tanjungpinang. Pengukuhan ini dihadiri oleh Asisten 1, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Ketua KPAID Provinsi Kepulauan Riau dan perwakilan pelajar se-Kota Tanjungpinang. (rco)