Rapat Asistensi PPRG Tahun 2021

TANJUNPINANG- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Perlindungan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang melaksanakan asistensi Perencanaan Penggaran Responsif Gender ( PPRG), dengan pemantapan Gender Analis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) bagi anggota focalpoint, kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan yang dimulai dari bulan Agustus – Oktober 2021 bertempat di ruang rapat Bappelitbang Kota Tanjungpinang. Asistensi PPRG ini bekerjasama dengan tim pusat penelitian studi perempuan gender dan anak Universitas Maritim Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang.

Pelatihan GAP dan GBS merupakan instrument untuk menganalisis isu gender dalam perencanaan, program, dan kegiatan yang bertujuan untuk mereformulasi tujuan, menetapkan rencana, menetapkan baseline dan terakhir adalah untuk merumuskan indikator – indikator yang dapat mengatasi kesenjangan gender dalam akses,partisipasi, manfat dan kendali/kontrol.

Melalui kegiatan ini akan terbangun komitmen untuk melaksanakan PPRG dengan mengintegrasikan GAP dan GBS pada aplikasi perencanaan dan penganggaran di daerah, seperti SIPD dan SIMDA, sehingga anggaran yang responsif gender benar-benar terwujud dan diimplementasikan dalam proses pembangunan,”.
Komitmen pimpinan daerah, salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan PPRG yang masih perlu diperkuat.
“Percepatan pelaksanaan PPRG memerlukan komitmen dan keterlibatan lebih besar dari OPD penggerak (driver) yaitu Bappelitbang, DP3APM, BPKAD dan Inspektorat Daerah,”