Rapat Koordinasi Tim Driver PUG Kota Tanjungpinang Tahun 2021

TANJUNPINANG- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Perlindungan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang melaksanakan rapat Koordinasi Tim Driver Pengarusutamaam Gender Kota Tanjungpinang, kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian ( Bappelitabang) Kota Tanjungpinang, Rabu 16 Juni 2021.
Rapat dibuka oleh Kepala Bappelitabang Kota Tanjungpinang Bapak Drs. SURJADI,M.T selaku Ketua Tim Driver PUG Kota Tanjungpinang. Rapat koordinasi ini bertujuan memperkuat komitmen yang telah disepakati oleh Kepala Daerah dalam pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kota Tanjungpinang.
Rapat koordinasi ini dihadiri oleh 4 (empat ) OPD Penggerak yaitu Bappelitbang, BPKAD, DP3APM dan Inspektorat Daerah Kota Tanjungpinang diharapkan dari 4 (empat) OPD ini dapat mengetahui dan menjalankan peran dan fungsinya sebagai Tim Penggerak yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. “Melalui rakor ini akan terbangun komitmen untuk melaksanakan PPRG dengan mengintegrasikan GAP (Gender Analysis Pathway) dan GBS (Gender Budget Statement) pada aplikasi perencanaan dan penganggaran di daerah, seperti SIPPD dan SIMDA, sehingga anggaran yang responsif gender benar-benar terwujud dan diimplementasikan dalam proses pembangunan,”.
Komitmen pimpinan daerah, salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan PUG yang masih perlu diperkuat.
“Percepatan pelaksanaan PUG memerlukan komitmen dan keterlibatan lebih besar dari OPD penggerak (driver) yaitu Bappelitbang, DP3APM, BPKAD dan Inspektorat Daerah,”
Dalam rapat ini juga hadir Narasumber dari Inspektorat Propinsi Kepulauan Riau yang merupakan fasilitator PUG Ibu SYAKYAKIRTI, S.E,M.M,M.H Inspektur Pembantu Bidang I,dan bersama hadir Tim Pusat penelitian studi Perempuan Gender dan Anak Universitas Maritim Raja Ali Haji ( UMRAH) Kota Tanjungpinang.