Kota Tanjungpinang Mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama Tahun 2020

Kota Tanjungpinang berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Utama setelah menanti 10 tahun. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diserahkan pada 23 September 2021 lalu.

Sebagai informasi, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementeriaan/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan keseteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Tanjungpinang menjadi salah satu Kota dari 58 Kabupaten Kota di Indonesia yang menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori UTAMA. Raihan APE tingkat utama ini menjadi bukti nyata keberhasilan, tidak hanya OPD Pemko, tetapi juga stake holder, dunia usaha, akademisi, lembaga masyarakat serta komitmen Kepala Daerah dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang peduli perempuan dan anak, termasuk disabilitas dan lansia.

Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Kota yang berhasil mewujudkan kesetaraan gender secara berkelanjutan dengan cara menerapkan strategi pengarustamaan gender. Pemberian penghargaan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2021 tertanggal 6 September 2021. Diketahui, sejak tahun 2011 Kota Tanjungpinang telah memperoleh penghargaan serupa untuk kategori pratama hingga madya, yaitu pada Tahun 2011 meraih peringkat Pratama, Tahun 2012 peringkat Madya, 2013 peringkat Madya, 2014 peringkat Madya, 2016 peringkat Pratama, dan tahun 2018 meraih peringkat Madya.

Perempuan Hebat, Anak Terlindungi, Indonesia Maju