Berita

Pembinaan dan Pelatihan 2P Forum Anak Kota Tanjungpinang

DP3APM Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) Forum Anak Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak pagi tadi, Minggu (26/2) di Aula SMA Negeri 4 Kota Tanjungpinang, melibatkan Sudirman Latif sebagai Narasumber dan dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP. M.M.

Pembinaan dan Pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) ini diikuti sebanyak 90 peserta yang terdiri dari 46 anak perwakilan dari Forum Anak Kota Tanjungpinang, 8 anak perwakilan dari Forum Anak Kecamatan , dan 36 anak perwakilan dari Forum Anak Kelurahan serta Fasilitator Forum Anak Kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan peran Forum Anak sebagai Pelopor kegiatan kegiatan pemenuhan hak anak dan Pelapor atas kasus kasus terlanggarnya hak hak anak dan terjadinya kekerasan terhadap anak.

Pemahaman peran sebagai pelopor dan pelapor ini dianggap penting dikuasai oleh para anggota Forum Anak karena mereka diharapkan menjadi agen perubahan di tengah tengah masyarakat dan lingkungannya.

Pada pembinaan dan pelatihan 2 P kali ini, panitia mengusung tema “ Anak Bijak, Bertindak Mulia” dimana anak anak ini diharapkan mampu menjadi contoh dan teladan bagi teman teman sebayanya dalam upaya mengakses hak sipil dan kebebasan, hak pengasuhan, hak kesehatan, hak pendidikan, hak partisipasi dan mampu mencegah kekerasan terhadap anak.

Pentingnya peran forum anak sebagai pelopor tersebut kembali ditegaskan Walikota pada saat memberikan pengarahan kepada para peserta. ” Bahwa anak anak sebagai generasi muda harus mulai belajar menjadi pelopor kebaikan , dan berani menyuarakan pendapat”, tegas Walikota Tanjungpinang Hj Rahma, SIP, MM.

” Sampaikan pesan pesan kepada anak anak yang lain melalui yel yel yang memotivasi serta memiliki pesan moral yang tinggi seperti pesan jauhi narkoba, cegah perkawinan usia anak dan sebagainya”, imbuh Rahma.

Tidak lupa, Walikota menyampaikan komitmen untuk mengalokasikan pada setiap kelurahan satu set komputer dan printer untuk Forum Anak dan memerintahkan Bapelitbang agar memastikan hal tersebut ada dalam rencana kerja kelurahan tahun 2024 mendatang.